Perbedaan harddisk ATA dengan SATA

Pada kesempatan ini saya akan membahas masalah perbedaan HDD ATA dengan SATA.
Tipe hard disk yang umum dipakai adalah jenis ATA (Advanced Technology Attachment), atau lebih sering disebut IDE. Standar ATA dikeluarkan pada periode 1986 dengan berdasarkan interface 16-bit, dan pastinya telah banyak mengalami evolusi. Saat ini kecepatan transfer data dari hard disk jenis ATA ini mencapai 133MB/detik. Namun seiring semakin pesatnya perkembangan tehnologi, dan beberapa masalah yang ditemukan dalam penggunaan hard disk jenis ini seperti gangguan gangguan elektromagnetik, masalah integritas, dan lain-lainnya, maka dikembangkanlah jenis hard disk yang lebih baru, disebut Serial ATA atau SATA.

Salah satu perbedaan yang terlihat antara ATA dan SATA adalah jenis kabel. SATA menggunakan jenis kabel yang lebih kecil, dibanding ATA yang menggunakan kabel yang lebar dengan 80 Pin. Panjang kabel maksimal SATA mencapai 1 meter, jauh diatas kabel ATA yang maksimal hanya 18 inch saja. Jenis kabel SATA juga memiliki tingkat kemungkinan kehilangan transfer data lebih kecil, dan tentunya ruangan PC jadi lebih lega dengan ukuran kabel yang lebih kecil.
Kemampuan transfer data SATA pada awal release sebesar 150MB/detik, lebih banyak dari ATA yang mendukung transfer data 133MB/detik. Saat ini versi terbaru SATA mencapai kecepatan transfer 600MB/detik.
Dari segi harga, dengan kinerja yang jauh lebih baik, sangat wajar bila hard disk jenis SATA memiliki harga yang sedikit lebih mahal, tapi rasanya itu layak bila dibandingkan dengan kemampuan yang dimilikinya. Tapi kondisinya, saat ini semakin jarang hard disk jenis ATA yang beredar dipasar, ini bisa membuat harga hard disk jenis ATA justru lebih mahal dibandingkan dengan hard disk jenis SATA.
Terlepas dari kita bisa memilih memakai jenis yang mana, atau suka jenis yang mana, melihat bahwa semakin lama maka pastinya hard disk jenis SATA ini yang akan menjadi standar hard disk pada komputer. Dan melihat pergerakan industri komponen komputer yang selalu berusaha memberikan yang terbaru, maka sudah tidak aneh lagi kalau beberapa tahun kedepan, sudah tidak ada lagi jenis Mainboard yang mendukung hard disk jenis ATA.
Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Lihat juga :Label Tutorial
                Label Software
                Label Tips

Komentar

Postingan Populer