Panduan dan Cara lengkap root android pada HP atau gadgets

Cara dan panduan Root Hp / Ponsel Android secara lengkap

Cara Root Android (Berjalan untuk semua jenis flatform dan tipe HP Android). Sebelum Rjblogger jelaskan lebih gamblang dan spesifik mengenai cara root Android secara lengkap, saya akan berikan penjelasan terlebih dahulu mengenai apa itu root (rooting) OS Android dan fungsi dari root Android serta kelebihan dan kekurangannya.

 Fungsi dari root (rooting) Android adalah agar anda sebagai pengguna dan pemilik ponsel Android mempunyai hak akses penuh ke sistem Android pada ponsel yang Anda miliki (Full access user).
Dengan melakukan Root, anda dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar / bawaan pabrik (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses secara full. Jika anda sering menginstal aplikasi di ponsel Android, Anda pasti pernah menemukan ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dijalankan dan memerlukan ponsel untuk root. Sebagai contoh saya menginstal aplikasi screenshot di Samsung Galaxy Y Mini, bernama Shootme. Akan tetapi aplikasi tersebut tidak bisa digunakan karena ponsel Galaxy Mini kepunyaan saya belum di-root.

Lalu apa keuntungan dan kerugian melakukan root pada ponsel android? 
  • Garansi produk menjadi hangus atau tidak berlaku
  • Sebagian expert user android berasumsi bahwa jika HP pada OS android yang telah di root akan rentan terhadap serangan malware (Belum terbukti secara otentik, mengingat sistem dari OS android sendiri merupakan pengembangan dari OS LINUX atau google open source operating system.buktinya saya sampe sekarang masih secure2 aja kok. 
Loh kalau begitu rugi dong kalau saya beli hp android baru terus diroot? Jangan panik dan cemas dulu...
karena hp / gadgets Android yang sudah melalui proses rooting bisa di Un-Root kembali (restore) dan tentu saja garansi masih berlaku kembali.

Cara un-root hp android lengkap
(Gambar Proses Un-Root untuk mengembalikan status root pada hp android yang sudah di root)

Keuntungan apa saja yang didapatkan dari proses root Android ?
  • Memiliki hak akses ke properties sistem Android (full control admin)
  • Menginstall aplikasi & software yang memerlukan root
  • Bisa menginstall kan custom ROM (OS android kostum / optional bukan buatan pengembang HP android)
  • Menambah kinerja dan performa processor HP Android melalui fitur Overclock
  • Menghapus atau mendisable beberapa aplikasi dan fitur bawaan vendor/pabrikan HP android yang dirasa tidak berguna dan dibutuhkan
  • Memanage dan kompresi memori perangkat dan Ram pada sistem Hp Android
Mudah mudahan, penjelasan diatas bisa menjadi gambaran dan panduan bagi anda dalam perihal pengertian Apa itu root Android pada HP.
Oke.. kita akan masuk ketahap selanjutnya, Yaitu Cara root Android secara lengkap:
  1. Pastikan komputer / laptop anda terinstall Aplikasi UnlockRoot, Jika belum memiliki silahkan anda download Disini.
  2. Siapkan data cable (kabel data) USB sesuai dengan HP android yang anda miliki.
  3. Lakukan Debugging USB, (biasanya ketika HP android anda terkoneksikan ke USB komputer,ada pilihan penyimpanan massa, Debugg Mode,dll. Pilih Debugg Mode).
  4. Jika tidak tampil menu Debugg mode USB, Masuk ke setingan/pengaturan > Aplikasi > Development/Pengembangan > Ceklis/centang "Mode USB Debugging"
  5. Hubungkan Hp Android anda dengan komputer / laptop anda melaui kabel USB.
  6. Buka dan jalankan aplikasi UnlockRoot yang tadi anda download ( Tunggu proses application loading detect device/ mendeteksi perangkat Hp android anda beberapa detik)
  7. Klik tombol ROOT pada menu aplikasi UnlockRoot.
  8. Selagi menunggu proses rooting hp android anda, sebaiknya siapkan rokok dan kopi hehehe.. karena proses rooting relatif lama tergantung dari spesifikasi HP dan media komputer / laptop yang anda pakai
  9. Umumnya pada pertengahan proses rooting ada konfirmasi tawaran untuk menginstall tool power safer atau penghemat baterai (optional, jika diperlukan silahkan install)
  10. Jika proses root android berhasil tertulis " Rooted" dibagian paling bawah
  11. Reboot / restart Hp android anda. dan proses root hp android pun selesai
Saya telah melalukan proses root android tersebut menggunakan Hp android galaxy young Mini dengan jenis flatform OS android Gingerbread.
Setelah saya melihat keterangan dan List daftar jenis device Hp dan android pada keterangan software tersebut hampir semua genre dan tipe ponsel bisa dilakukan prose rooting.
Selamat mencoba cara root hp Android secara lengkap di atas, Terima kasih semoga bermanfaat.


Note : Software sudah teruji aman dan sudah terbukti berjalan pada HP android berbasis gingerbread.
            Jika mengalami kesulitan dan gagal dalam proses rooting pada hp anda, pastikan langkah2 dan prosedur yang  anda lakukan benar sesuai panduan. 
Back-up data2 anda sebelum proses rooting untuk menghindari resiko data/file yang anda miliki hilang/ter format.
Proses rooting ini tidak beresiko terhadap hardware HP walaupun proses rooting gagal.


Tag relation : Cara root Hp android, Cara dan tutorial root android pada HP dan ponsel, tutorial root android pada gadgets dan HP, cara dan langkah root hp berbasis android, Cara root hp android secara lengkap, Root android hp/ponsel. guide root hp android. 

Komentar

Postingan Populer