Panduan dan cara menangani bluescreen (BSOD) pada komputer secara lengkap

penyebab komputer/laptop bluescreen of death (BSOD)Pernah kah suatu hari anda mengalami layar pada komputer atau laptop anda tiba tiba berubah menjadi biru dan bertuliskan pesan error dan addres binary fail dengan sendirinya? bahkan sistem windowsnya langsung reboot atau mati? Masalah tersebut dikenal dengan istilah Bluescreen (BSOD) atau error layar biru pada sistem dan juga hardware pada komputer atau laptop anda.
 BlueScreen atau BlueScreen of Death (BSOD) adalah konfirmasi layar kesalahan (error) yang ditampilkan oleh sistem operasi microsoft windows pada saat komputer mengalami gangguan yang dirasa fatal dan tidak dapat dipulihkan / dimanage oleh sistem windows sehingga komputer mengalami crash.

Terjadinya blue screen / layar biru pada layar monitor bermacam-macam variasi dan modelnya. Ada yang ketika kita menyalakan komputer langsung muncul blue screen , sebelum booting windows kemudian komputer restart. Ada yang ketika kita menjalankan aplikasi atau salah satu software tertentu tiba-tiba blue screen muncul dan komputer langsung berhenti dengan menampakan kode address pada layar monitor.

Adapun penyebab dan faktor terjadinya blue screen of death (BSOD) disebabkan indikasi indikasi sebagai berikut:

1.Kabel konektor dan port pada hardisk
Bagi anda yang sering membongkar pasang kabel hardisk bisa menyebabkan kualitas transfer data melalui kabel data bisa menurun bahkan terhambat. Ini disebabkan karena kabel hardisk memiliki tingkat sensitifitas kelistrikan yang rawan.
Solusi :
  • Sebaiknya jika anda sering membongkar pasang komponen hardware khususnya harddisk, gunakan sarung tangan atau peganglah bagian casing terlebih dahulu untuk menghindari arus listrik statis.
  • Pastikan kabel, konektor dan port harddisk masih berfungsi dan berwujud normal, sering terjadi kasus kabel konektor harddisk yang unplug dikarenakan sudah hangus, kendor dan lumer akibat overheat dari suhu temperatur komputer
  • pastikan konektor pada port harddisk terpasang dengan benar setelah proses pembongkaran.
Panduan dan cara menangani bluescreen (BSOD) pada komputer secara lengkap


2. Error Ram
Blue screen yang disebabkan karena eror Ram (Random access memory) sangat umum dan paling mudah untuk di diagnostik. Gejala yang ditimbulkan oleh Eror Ram biasanya pada saat kita menjalankan aplikasi / software yang dirasa berat pada komputer tiba-tiba muncul blue screen bahkan komputer langsung blank total. Atau pada saat anda melakukan instalasi komputer anda dengan windows yang baru, blue screen muncul sebelum instalasi selesai.
Solusi :
  • Pastikan memory Ram yang anda pasang memiliki kesamaan PC / speed memory, berbeda merk tidak apa2, yang penting satu PC. contoh : kingston 1gb pc 1333 dan Deam 2gb pc 1333 masih bisa dipasang.
  • Cabut dan pasang kembali memory ram anda dan bersihkan bagian dari chip atau circuit yang berwarna kuning bagian bawah dengan kapas atau penghapus 2B
  • Jika pada motherboard komputer anda mempunyai lebih dari 2 slot memory ram, sebaiknya bersihkan slot memory tersebut.
  • bisa saja overload memory ram, umumnya jika komputer atau laptop anda hanya memiliki memory ram hanya 1gb dan anda membuka beberapa aplikasi software yang membutuhkan kapasitas diatas 1gb maka tidak menutup kemungkinan komputer anda akan mengalami blue screen.


3. Bad Sector Hard Disk Drive
Blue Screen error yang disebabkan oleh karena bad sector hardisk drive ada kesamaan dengan Eror memory. Biasanya gejala pada sistem windows sangat lambat dalam performa dan kinerja bila menjalankan aplikasi atau program. selain itu, hardisk drive akan berbunyi seperti suara benturan(umunya sering berbunyi keras dan kasar) yang disebabkan oleh gesekan piringan yang sudah tidak normal berfungsi dan Disk dalam hardisk itu sendiri sudah termakan usia.
Solusi :
  • lakukanlah proses defragment dan checkdisk secara terjadwal (bisa seminggu sekali).
  • Matikan atau shutdown komputer dengan benar akan mengurangi resiko harddisk bad sector (jangan mencabut langsung power pada komputer)
  • menggunakan beberapa tool dan software maintenance khusus menangani masalah bad sector seperti norton hdd recover, sprint nite dsb.
Panduan dan cara menangani bluescreen (BSOD) pada komputer secara lengkap


4. Power Supply Eror Eror 
Power suply juga bisa menyebabkan blue screen komputer, diakibatkan karena daya dan asupan listrik sudah tidak berfungsi normal atau aliran terhambat yang berdampak asupan daya listrik ke semua komponen hardware menjadi tidak stabil.
Ada beberapa faktor indikasi nya, yaitu : total daya power suply lebih kecil dari minimum yang dibutuhkan total komponen yang dibutuhkan pc anda, misal : komponen hardware produksi sekarang minimal membutuhkan daya asupan listrik minimum 400 Watt.


5. Akibat Over Clocking
mayoritas para gamer mungkin sudah tidak asing lagi dan paham dengan istilah yang satu ini. Overclock merupakan pengoptimalan dari kinerja komputer standar ke kinerja yang lebih tinggi / meningkatkan performa komputer. Jika salah satu komponent tidak mendukung dengan fitur over clocking, kemungkinan salah satu komponent tidak bisa bekerja sesuai dengan hitungan persentasi matematis informatika. Jika penyebab dikarenakan oleh over clock, maka menu bios harus kita reset/default atau mengembalikan setingan konfigurasi ke kondisi standard. hal ini akan lebih dirasa aman untuk usia jangka panjang komputer yang kita pakai.



 
6. Motherboard Eror
Moterboard yang sudah tidak normal dan sebagian komponennya sudah tidak berfungsi juga bisa menyebabkan komputer blue scree death. Untuk mengecek kode, anda bisa search dengan keyword "Motherboard blue screen death code".
Panduan dan cara menangani bluescreen (BSOD) pada komputer secara lengkap

 
Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Refferensi : Wikipedia hardware , troubleshooting book IT of gramedia.

Tag relation : 
Cara dan langkah mengatasi bluescreen, tutorial membetulkan bluescreen pada komputer, mengatasi bluescreen of death (BSOD) komputer lengkap, menangani blue screen pada komputer dan laptop, cara membutulkan blu skrin, panduan mengatasi blueescrenn pada komputer dan laptop, bluescreen of death (BSOD) definisi. blue screen cara lengkap.

Komentar

Postingan Populer