Solusi dan cara membersihkan motherboard dengan metode mencuci

Cara membersihkan komponen motherboard dengan mencucinya 
Hipotesis prosedur mencuci motherboard

"Sedikit kisah nyata sebelum ke pembahasan selanjutnya"
Singkat cerita : Pada hari libur saya berniat mengunjungi kawan lama saya semasa kuliah dulu, Sesampai dirumah teman saya, Dia kebetulan sedang membersihkan motherboard AMD socket AM2 jetway dengan cara mencuci layaknya pakaian. " Dalam hati saya terlintas masa sih komponen elektronik seperti hardware komputer dicuci kayak pakaian "
Kemudian dia menjelaskan bahwa "motherboard ini sudah mati total tapi komponen2 nya masi utuh", siapa tau bener lagi sekalian praktekin kata dosen hardware kan dulu dia sering bilang kalo mobo matot tanpa ada yang rusak/cacad salah satu komponennya coba di cuci aja.

Ikhtisar "Sebuah motherboard AMD socket AM2 yang sudah lama tidak terpakai yang sudah mati total tapi kelengkapan komponen nya masih utuh bisa menyala lagi"
Tertarik akan hal itu, saya pun akhirnya melihat dan memperhatikan secara detail teman saya yang sedang melakukan proses pencucian mobo sampai proses terakhir dan hasilnya memang benar menyala lagi.
Cara dan langkah mencuci motherboard dengan benar
(metode mencuci motherboard terbilang aneh tapi terkadang efektif)

Awalnya saya tidak percaya dengan metode perbaikan seperti itu. Stereotip klasik, karena sifat peralatan elektronik yang sangat sensitif dan mudah rusak oleh cairan apalagi air, dan kerumitan pengeringan, serta tidak ada jaminan akan berhasil. Tapi setelah melihat faktanya, saya langsung membuka pikiran, dan bisa saja metode cuci motherboard menjadi metode alternatif terakhir jika menemui kebuntuan atas semua solusi yang ada”.
Hasil uji materi dan analisa eksperimen menurut saya, sebagai berikut :
  1. Korosi / kotoran yang bersifat konduktifitas akan dibersihkan dari motherboard
 Kotoran, meliputi debu atau kelembaban dapat saja menumpuk setelah sekian lama penggunaan motherboard beroperasi. Debu atau kelembaban tersebut pada suatu titik tertentu akan menjadi konduktif, dan akan menghubung-singkatkan komponen-komponen vital seperti chipset dan prosesor. Walaupun komponen-komponen tersebut tidak terhubung singkat karena debu atau kelembaban, listrik statik yang mungkin timbul dari kotoran sudah sangat cukup untuk merusak komponen motherboard.

    2.   Air dapat me-reset dan me-restore IC dengan mengubung-singkatkan kaki-kaki (pin) nya. 

Chip silicon seperti IC CMOS Elco dan prosesor memang dikenal sangat sensitif. Sedikit saja mendapat perlakuan tidak wajar, chip tersebut akan berhenti beroperasi. Bisa saja air dapat menormalkan kerja chip dengan menghubung singkatkan pin-pin yang kritikal (Efek RESET). Begitu juga dengan komponen dasar yang sudah jenuh seperti capasitor (elco) dapat mengosongkan muatannya dengan menghubung singkatkan kedua kakinya.

   3.  Tekstur dan sruktur motherboard tentunya bersih dari kotoran dan minyak yang lama menempel.

 Mungkin cara mencuci mobo ini menjadi solusi terakhir bagi anda jika dirasa semua alternatif sudah ditempuh, jika anda mengalami hal yang sama pada kasus seperti diatas...

Note :
Tujuan penulis adalah sebagai bahan edukasi dan pembelajaran, Segala resiko adalah tanggung jawab pembaca.

Peralatatan yang dibutuhkan :
  • Ember besar atau wadah air seukuran motherboard
  • Sabun pembersih : Bisa menggunakan deterjen pakaian atau cairan pencuci peralatan dapur. Saya lebih merekomendasikan menggunakan cairan pencuci peralatan dapur, karena deterjen biasanya mempunyai bintik2 konsentrat dan harus ekstra bersih dalam pembilasannya.
  • Air bersih
  • Kuas cat bersih ukuran kecil dan sedang
  • Sikat gigi bekas yang mempunyai tekstur lembut
  • Lap chamois atau serat / Kanebo
  • Hair Dryer atau angin dari kompresor
  • Pinset penjepit / tweezer
  • Obeh pipih (-) yang sangat kecil
Prosedur pencucian motherboard :
  • Lepaskan / copot terlebih dahulu komponen chip yang tidak permanen atau yang tidak di solder seperti : Chip untuk Cmos Bios. Umumnya posisi dari chip tersebut ditancapkan / manual lock tidak tersolder paten ke board.
Congkel pelan-pelan dengan pinset atau obeng pipih pada ke empat garis merah.
Seperti contoh chip BIOS diatas, gunakan pinset atau obeng pipih untuk melepaskan chip. Hati-hati melepaskan chip dari dudukannya. Congkel dari satu sisi, lalu congkel lagi dari sisi lainnya, hingga ke empat sisi terangkat dengan rata. Usahakan jangan ada sisi yang terangkat lebih tinggi dari sisi yang lainnya, karena akan menyebabkan kaki (pin) IC bengkok dan berpotensi patah. TANDAI orientasi posisi awal chip, dan simpan chip di tempat yang aman.
Semua chip yang terpasang di dudukan harus dilepas agar air tidak terperangkap di dalam soket/dudukan chip.
Lakukan langkah yang sama bila dirasa ada chip yang ditancapkan sama seperti chip diatas.

  • Lepaskan prosesor, fan/kipas prosesor, modul memori Ram, batere CMOS dan perkabelan lainnya yang ter input ke motherboard. Jumper tidak perlu dilepaskan, dan hati-hati pula agar tidak ada jumper yang terlepas saat proses pencucian.
  • Bersihkan debu yang tampak menempel dengan menggunakan kuas kering, bila perlu gunakan udara bertekanan tidak terlalu keras untuk membuang debu yang menempel di bagian celah celah komponen pada motherboard. (bila mempunyai kompresor angin bisa digunakan dengan volume tekanan angin yang rendah, atau bisa meniupkan udara dibagian2 yang dirasa banyak kotoran / debunya)
  •  Tuangkan air secukupnya kedalam ember / atau media penampungan lain untuk meletakan mobo, masukkan cairan pembersih (sabun pembersih) secukupnya, dan aduk rata hingga muncul buih.
  • Perlahan masukkan motherboard ke dalam ember yang berisi air tadi, sikat pelan-pelan seluruh dan merata permukaan motherboard dengan sikat gigi hingga air berbusa. Pastikan sela-sela kaki chip yang tersolder disikat juga. 
Ruang lingkup area pembersihan motherboard :
  • Bersihkan juga semua sela-sela slot PCI, slot memori, dan slot VGA.
    Attention:
    Untuk Anda yang memiliki motherboard prosesor Intel LGA dan diatasnya, pin rumah prosesor tidak dianjurkan disikat, dikarenakan pinnya mudah bengkokLGA Pin tidak usah disikat, sebaiknya dilewat saja! Terlalu beresiko.Bila sudah yakin semua bagian dibersihkan. Biarkan motherboard dalam rendaman cairan pembersih selama kurang lebih 30 menitan.
    Proses finishing / Pengeringan :  

    • Pada langkah terakhir, pastikan motherboard sudah berada di posisi perendaman selama 30 menit dan sudah bersih dari kotoran.

    • Angkat motherboard dengan hati-hati, miringkan posisi motherboard sehingga air mengucur keluar dari motherboard. Tunggu hingga tidak ada air yang menetes dari motherboard

    • Lap bagian motherboard yang terjangkau menggunakan lap sintetis.

    • Keringkan motherboard dengan diangin-anginkan di tempat yang aman. Jangan menjemur motherboard dibawah sinar matahari langsung. Diamkan motherboard di tempat yang kering dan terlindung selama kurang lebih dua jam.

    • Setelah dikeringkan dengan cara alami diatas, gunakan hair dryer untuk mengeringkan sisa-sisa air. Setelan hair dryer tidak boleh terlalu panas. Setelan temperatur suhu  hair dryer maksimum di posisi sekitar 30%, dan kuat hembusan juga maksimum 50%. Semprotkan hair dryer pada seluruh motherboard, terutama di sela-sela chip dari jarak ± 25 cm.

    • Diamkan kembali motherboard selama 30 menit, dan setelah itu semprot kembali dengan hair dryer. Pastikan kali ini tidak ada air yang masih berada di motherboard, karena air bersifat korosif dan konduktif, dan akan merusak komponen motherboard apabila dalam kondisi menyala.

      Langkah Terakhir:
      Bila anda sudah yakin motherboard sudah bebas dari air, pasang kembali semua komponen yang tadi anda lepas pada motherboard, dan nyalakan komputer. Bila memang motherboard bisa menyala kembali, jangan lupa mengatur BIOS, karena posisi BIOS sudah tereset karena batre CMOS sebelumnya dicabut.

    hasil dari motherboard yang dicuci

    Bagaimana ? tertarik dengan alternatif mencuci motherboard ini... saya sudah coba mencuci motherboard menggunakan proses2 diatas hanya untuk sekedar membersihkan saja sih.. tapi tidak terjadi apa2 kok, yang penting semua prosedur dilakukan dengan benar.
    Bisa anda download tutorialnya berbentuk Pdf secara lengkap DISINI

     Terima kasih. semoga bermanfaaat.






    Queery:
    Tutorial cara mencuci motherboard dengan benar
    tips membersihkan mobo secara lengkap
    langkah dan cara membersihkan motherboard dengan cara mencuci
    panduan cara mencuci mobo dengan lengkap dan benar
    cara mencuci motherboard
    metode alternatif mengatasi motherboar mati total
    alternatif mencuci motherboard
    hipotesa mencuci motherboard

Komentar

  1. Ngeri gan... tapi saya udah pernah dengar juga sih metode semacam itu, Btw Thanks nice info.

    BalasHapus

Posting Komentar

Setelah tahap moderasi, pesan anda akan kami tayangkan. Terima kasih

Postingan Populer