Cara memperbaiki itunes yang tidak terdetect untuk iphone , ipad dan ipod touch

Solusi iPhone iPad iPod Touch tidak terbaca di komputer atau laptopMengatasi Masalah ipad / iphone / ipod Touch yang Tidak Terdeteksi di iTunes 

Anda pernah mengalami error pada gadget kesayangan anda terutama pada produk apple? mungkin salah satu masalah yang sering terjadi yaitu iDevices atau software pengenal format multimedia dan musik tidak dapat terbaca dan di syncronize ke Pc / laptop anda.
Mudah mudahan beberapa solusi dan tips saya dibawah ini bisa menjadi sedikit referensi untuk mengatasi masalah iPhone / iPad / iPod Touch kesayangan anda.
 
Apabila iDevice tidak terdetect atau terbaca silahkan anda simak langkah langkahnya :
  1. Pastikan kalau Apple Mobile Device Support (AMDS) sudah terinstall di komputer Anda. Apple Mobile Device Support merupakan driver Apple untuk perangkat mobilenya. Untuk memastikan aplikasi tersebut terinstall caranya sebagai berikut:
    • Windows XP: Klik Start > Control Panel, masuk ke Add or Remove Programs dan cek apakah Apple Mobile Device Support sudah termasuk salah satu program yang terinstall !
    • Windows 7: Klik Start > Control Panel, masuk ke menu Programs and Features dan cek apakah Apple Mobile Device Support termasuk diantara program yang terinstall.
    Jika Apple Mobile Device Support tidak terdaftar (artinya tidak terinstall) maka Anda sebaiknya menghapus iTunes, QuickTime, Apple Software Update dan Apple Application Support, kemudian re-install atau install kembali iTunes nya.
  2. Restart Apple Mobile Device Service (AMDS), bisa anda lihat prosedur lengkapnya disini (untuk Windows XP dan Windows 7).
  3. Mengganti kabel data yang biasa Anda gunakan, bisa beli yang baru (original) ataupun pinjam punya teman. (Jika dirasa kabel data usb sudah ada yang putus atau salah satu konektor nya ada yang sudah tidak berfungsi)
Tips:
Bagi pengguna iDevice yang mengalami masalah ini dikarenakan melakukan hard reset dalam kondisi iPhone yang sudah dijailbreak bisa memanfaatkan software Sn0wbreeze dengan fitur iReb nya untuk membuat komputer membaca driver DFU dari iPhone.
Bisa anda download aplikasi Sn0wbreeze Disini

Device terdeteksi / terbaca, tetapi tidak bisa sync ke iTunes

Masalah ini juga sering dialami oleh pemilik iDevice, seperti yang terjadi pada iPad milik kawan saya. Pada saat menghubungkan iPhone, iPad atau iPod touch muncul konfirmasi pesan error sepertidibawah ini :
“iTunes cannot read the contents of the iPad “xxx’s iPad”. Go to the Summary tab in iPhone preferences and click Restore to restore this iPhone to the factory settings.
Dampak dan akibat dari masalah diatas adalah:
  • iDevice dipaksa untuk melakukan restore (jangan lakukan)
  • iDevice tidak bisa melakukan sync apps, music, dan movies
  • iDevice hanya menampilkan Serial number & Software version saja, sedangkan data-datanya tidak bisa diakses
Indikasi atau penyebab masalah:
  • File database iTunes yang ada pada direktori iDevice mengalami corrupt. File database yang corrupt tsb mengakibatkan iDevice tidak dapat terintegrasi dan berinteraksi dengan baik dengan iTunes (tidak bisa sync, restore, dll).
  • Sering menggunakan program tambahan selain iTunes untuk mentransfer music/ringtones. Perlu diketahui, iTunes dan program tambahan lainnya mempunyai cara yang berbeda dalam mentransfer music/ringtones ke iDevice, oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakan program selain iTunes (kalau tidak terpaksa).
Solusi dan cara mengatasinya:
  1. Pastikan Anda sudah menginstall iTunes versi terbaru atau yang supportable.
  2. Download salah satu program berikut ini dari halaman Downloads:
    • iPhone Explorer
    • iPhoneBrowser
    • i-FunBox
    • PhoneDisk
  3. Setelah terdownload, jalankan programnya.
  4. Hubungkan iPhone/iPad/iPod touch yang bermasalah ke komputer, dan tunggu sampai direktori dari iPhone/iPad/iPod touch terbaca dengan baik. Tidak perlu jalankan iTunes
  5. Telusuri direktori file pada: /private/var/mobile/Media/iTunes_Control/iTunes/ kemudian delete file yang bernama iTunesDB (iTunesDB adalah file database iTunes). Anda bisa membackupnya terlebih dahulu sebelum menghapusnya (untuk preventif dari segala kemungkinan).
  6. Sampai tahap ini iTunes tidak akan menampilkan pesan error lagi, tetapi semua music yang ada di iDevice Anda akan menghilang dari daftar iTunes. Walaupun menghilang tetapi sebenarnya filenya masih ada di iDevice, ini disebabkan karena databasenya sudah dihapus (iTunesDB).
  7. Karena file music di iDevice sudah menghilang dari iTunes, mau tidak mau kita juga harus menghapus file aslinya, yah setidaknya Anda bisa memasukkannya kembali kalau masalahnya sudah beres. Cara menghapusnya:
    • Telusuri direktori /private/var/mobile/Media/iTunes_Control/Music
    • Hapus semua folder yang ada didalam folder Music tersebut.
  8. Selanjutnya cabut iDevice dari komputer lalu hubungkan kembali.
  9. Jalankan iTunes dan cek apakah iDevice Anda sudah bisa di sync kembali.
Demikianlah beberapa tips dan cara menangani masalah pada iphone, ipad dan ipod touch.Terima kasih telah berkunjung





Tag:
Solusi jika iDevice tidak terbaca di komputer atau laptop
device cant read atau pesan error pada itunes
tips dan trik mengatasi masalah pada iphone ipad ipod yang tidak terditek ke komputer atau laptop
cara memperbaiki itunes atau iDevices tidak terdeteck di pc
can not detect itunes and how to solve it
how to repair and fix itunes can not sinc and can't detect to pc/laptop

Komentar

Postingan Populer