Tutorial photoshop Cara merubah dan mengganti background foto (full retouch)

Cara manipulasi objek foto background menjadi dramatisasi menggunakan photoshop.

Anda bosan dengan tampilan background foto anda? atau anda mempunyai sedikit ilustrasi untuk merubah background foto atau gambar yang anda miliki agar tampak lebih menarik? Dengan sedikit bantuan software editing foto seperti photoshop semua aspek yang berkaitan dengan foto pasti ada solusinya.
Tutorial kali ini akan dibahas mengenai merubah latar belakang pada foto atau gambar (backround) dengan sedikit sentuhan dramatis (retouch efek) menggunakan photoshop.
Bagi anda yang ingin belajar tentang photoshop, Silahkan anda simak langkah2 sebagai berikut.

Langkah langkah merubah latar belakang foto dengan photoshop :
1. Buka terlebih dahulu aplikasi photoshop anda versi berapapun (direkomendasikan versi CS3). Kemudian buka objek foto yang akan anda jadikan media editing, Saya menggunakan foto seorang satpam komplek rumah sebut saja boyes. Jika anda menginginkan foto boyes sebagai sampel bisa anda Comot DISINI
 2. Buka objek background yang akan anda dijadikan sebagai pengganti latar belakang foto, atau jika anda ingin mendownload seperti contoh bisa download DISINI
3.  Drag objek background tsb, dengan menyeret sambil menahan klik kiri ke area layer foto utama
Bisa anda lihat keterangan gambar.
 4. Setelah pindah objek background tersebut, hasilnya seperti dibawah ini.
Rubah keterangan layer dengan double klik kanan pada layer tersebut, pastikan layer background berada diatas posisi layer utama (layer 0)
5. Masih di layer backround (layer 1), Hilangkan view mode dengan mengeklik icon mata di sebelah kolom keterangan layer1 (agar view objek bancground sementara mengilang dari preview)
6. Seleksi bagian objek yang akan dibuang atau yang tidak diperlukan dengan tool seleksi Polygonal Lasso Tool , Bentuk pola seleksi kurang lebih seperti dibawah ini.
 7. Tampilakn kembali mode view dengan mengeklik kembali icon mata yang ada disebelah keterangan layer 1, bisa anda lihat contohnya seperti gambar dibawah ini
8. masih di layer seleksi objek background (layer 1), Gunakan fitur inverse dengan memilih tab Select -> Inverse atau bisa dengan shorcut CTRL Shift i 

9. Hapus bagian luar area objek background yang tidak beraturan, sehingga tampak seperti gambar dibawah ini. Gunakan tool Eraser untuk menghapus dengan intensitas ketebalan 434 Px
 10. masih di layer background (layer1), untuk menambahkan unsur realistis dan nature lakukan mode bluring dengan memilih tab Filter -> Blur -> Lens blur
11. Setelah masuk pengaturan Lens blur, atur konfigurasi intensitas blur dengan keterangan gambar dibawah ini, atau sesuai dengan selera anda.
 12. Agar view panorama khususnya lapangan tampak hidup dan asri tambahkan colloring dengan warna hijau menggunakan Tool brush, warnai bagian lapangan (tanah) saja, Pastikan proses colloring lapangan dengan membuat layer baru terlebih dahulu. Bisa anda lihat contohnya seperti dibawah ini.
13. Setelah dirasa cukup pewarnaan permukaan tanahnya, lakukan mode blending dengan klik kanan pada layer warna hijau tadi atur intensitas opacity dan fill seperti keterangan gambar, atau sesuai dengan selera anda.
14. Perbadingan hasil akhir dengan objek asli, silahkan anda lihat.

Demikianlah tutorial photo shop cara mengganti latar belakang / background foto dengan photoshop , Mohon maaf apabila ada prosedur dari artikel diatas dirasa kurang presisi, Tujuan dari tutorial ini hanya sarana edukasi khususnya anda yang berminat mendalami software adobe photoshop.

Terima kasih, semoga bermafaat.

Komentar

Postingan Populer