Tutorial Game maker pengenalan (introduce and basic)

Mengenal dan mengetahui Game maker Part 1

Sebelum masuk lebih rinci lagi ke dalam proses tutorial lengkap tentang game maker dan contoh membuat game 2D menggunakan game maker ada baiknya anda mengenali dulu dasar dan pemahaman tentang game maker.
Game Maker merupakan aplikasi Game editor yang bersifar free license atau gratis (tapi anda pun bisa membeli paket profesionalnya jika dirasa sudah memiliki tingkat penguasaan Expert / mahir). Aplikasi ini digunakan untuk membuat game 2D, Aplikasi Game maker bisa anda unduh atau dapatkan secara gratis di situs resminya : www.Yoyogames.com
Untuk versi windows Me / 2000 / XP / Vista bisa anda download DISINI
Untuk versi windows 7 / 8 Bisa anda Download DISINI

Dalam tutorial game maker ini, saya menggunakan game maker 1.2 Terbaru untuk windows 7, tapi secara garis besar tidak ada perbedaan yang signifikan dengan versi game maker versi windows Xp atau sebelumnya, perbedaan hanya terletak pada plug in sound dan compilernya saja.

Tampilan interface dari game maker 1.2 Terbaru :
Tutorial game maker 1.2 terbaru pengenalan dan dasar lengkap

Komponen dan Tool dalam Game maker :
1. Sprite
Sprite merupakan visualisasi gambar yang akan digunakan untuk mempersentasikan objek pada game.
Sprite bisa berupa gambar diam dan juga gambar bergerak (animasi). Klik kanan pada folder sprite untuk memulai pembuatan sprite
Tutorial game maker 1.2 terbaru pengenalan dan dasar lengkap

Komponen pada sprite :

Keterangan :

  • Kolom Name digunakan untuk mengganti nama keterangan sprite yang akan dibuat.
  • Tombol Load Sprite digunakan untuk mengambil gambar yang akan dijadikan sprite.Ada beberapa format file yang dapat digunakan, namun pastikan ukuran kapasistas file gambar tersebut tidak terlalu besar.
  • Tombol Edit Sprite digunakan untuk menjalankan editor membuat gambar. Editor ini dapat digunakan membuat sprite sederhana dan dapat juga untuk mengolah gambar yang sudah ada.
Tampilan Sprite editor :

 2. Object
Merupakan objek yang digunakan sebagai fungsi variabel game. Pada fungsi ini sprite yang telah dibuat akan di definisikan dengan memberikan Action dan Event.
Tutorial game maker 1.2 terbaru pengenalan dan dasar lengkap
 Komponen pada Object Properties :
Tutorial game maker 1.2 terbaru pengenalan dan dasar lengkap
Keterangan :
a. Kolom Name untuk mengisi nama objek yang akan dibuat
b. Option Sprite untuk memilih sprite yang akan dijadikan objek
c. Add Event merupakan pilihan untuk memberikan event pada objek. Ada beberapa event yang dapat dipilih pada jendela Event Selector

d. Actions digunakan untuk memberikan beberapa perintah event, pada tool Action terdapat sejumlah icon yang dapat digunakan sebagai actions. Untuk dapat menerapkan action pada event, Pilih icon Action kemudian drag ke jendela Action.
Tutorial game maker 1.2 terbaru pengenalan dan dasar lengkap

3. Background
Digunakan untuk memberikan tampilan pada game dalam bentuk gambar.
Game maker tutors basic and introduce

4. Room
Room digunakan untuk menerapkan objek pada ruang game. Room dapat juga disebut level / stage game. Objek yang sudah dibuat akan disusun dalam jendela Grid.

Demikianlah pengenalan dasar dan pemahaman seputar Tool pada software Game maker 1.2 terbaru. Bisa anda lanjut ke tutorial membuat game sederhana 2D menggunakan Game maker DISINI.

Komentar

Postingan Populer