Corel Draw Tutorial Membuat desain logo minuman cup

Tutorial Corel draw cara membuat desain produk minuman

Membuat logo atau brand dari suatu komoditi tentu menjadi salah satu aspek terpenting dalam segmentasi marketing, karena selain identitas dari produk, logo brand pun menjadi daya tarik dan ciri khas bagi produk tersebut.

Pada Artikel Tutorial kali ini, akan dijelaskan contoh mengenai cara membuat desain logo minuman atau bisa juga sebagai banner dan sebagainya.
Mungkin bisa bermanfaat bagi anda yang ingin sekedar belajar corel draw atau sebagai referensi untuk anda.

Proses pembuatan desain logo :

1. Buka aplikasi corel draw anda, (saya menggunakan Croel draw X5). kemudian buat sebuah objek persegi dengan Rectangle tool klik kanan pada objek persegi tersebut pilih Convert to Curves.
Buat kira2 seperti keterangan gambar dibawah ini.
Membuat contoh desain logo produk memakai corel draw
 2. Bentuk dengan menggunakan shape tool kurang lebih seperti contoh gambar dibawah ini.
Bentuk seperti cup gelas / mug
Membuat contoh desain logo produk memakai corel draw
 3. Buat sebuah objek lingkaran, tempatkan posisi objek lingkaran tersebut ditengah diameter lingkaran diatara persegi (mug), klik objek persegi dan lingkaran sambil menahan tombol shift tujuannya agar seluruh objek terseleksi, kemudian lakukan Triming (Trim) bisa anda lihat keterangan gambar dibawah.
4. Setelah proses Triming kedua objek tersebut hasilnya akan seperti gambar dibawh ini,
Pisahkan kedua objek tersebut agar tidak terlalu menempel (Jika objek masih combine atau menempel lakukan break curves)
 5. Beri fill warna pada kedua objek tersebut dengan warna biru atau sesuai keinginan anda dan warna garis luar (outfill hitam). bentuk lengkungan pada objek persegi agar nampak hidup dengan menggunakan shape tool, klik node dibagian tengah kemudian klik kanan curves, lenbkung kan sesuai dengan gambar atau sesuai dengan selera anda.
 6. Tambahkan Text dengan tipe Font bauhaus 93 atau terserah selera anda. tulis dengan text apa saja. atau bisa anda ikuti contoh gambar dibawah. Sesuaikan ukuran text tersebut dengan kedua objek
7. Klik pada bagian setengah lingkaran kemudian tekan tombol F12 atur outline dengan warna Hitam dengan intensitas ketebalan 2 mm pilih corners bulat dan jangan lupa ceklis pilihan Behind Fill.
lakukan hal yang sama pada objek persegi dibawahnya. Kurang lebih seperti contoh gambar dibawah ini
Membuat contoh desain logo produk memakai corel draw
 8. Duplikasi (Gandakan) text yang anda buat tadi dengan menyorot semua text tersebut kemudian tekan tombol + atau bisa ctrl c kemudian ctrl V, pisahkan objek asli nya agar memudahkan pembuatan shading. klik seluruh objek copy an text tadi kemudian lalukan distorting dengan menggunakan tool distortion yang ada di tool bar corel draw anda.
Lakukan distortion keduan objek text tadi ke arah vertikal (sesuai contoh gambar) atau sesuai dengan selera anda.
9. Sekarang buat grading cahaya di bagian setengah lingkarannya, dengan menggandakan objek tersebut (copy paste) beri fill warna putih tanpa outline. Klik objek copy an tersebut kemudian pilih Tool transparency Tool pada tool bar corel draw anda .
Bentuk grading cahaya ke arah vertikal (sesuai contoh gambar ).

10. Lakukan hal yang sama pada proses ke 9 pada objek persegi dibawahnya hingga kurang lebih seperti hasil gambar dibawah ini.
 11. Buat sebuah objek persegi kemudian bentuk seperti sedotan dengan cara klik kanan pada objek tersebut kemudian pilih menu Convert to curves, shape lengkungan di tengan garis bawah dengan mengklik node tengah kemudian klik kanan curves, bentuk lengkungan seperti contoh dibawah ini
 12. Tambahkan unsur siloute dengan membentuk pola menyerupai sinar dengan intensitas disesuaikan saja dengan objek. Gunakan pen Tool atau free hand tool, saya menggunakan pen tool untuk membentuk objek siloute. bentuk seperti lingkaran yang menutupi objek Cup tersebut.
Membuat contoh desain logo produk memakai corel draw
13.Setelah objek siloute terbentuk, berikan coloring dengan warna kuning atau terserah selera anda, kemudian tekan tombol F11 pilih mode blend dengan Radial pilih warna shading kedua saya menggunakan warna kuning dan shading berwarna merah muda atur intensitas mid point shading menjadi 50. Hasilnya akan seperti dibawah ini
 14. Dengan sedikit tambahan objek seperti text dan gelembung akan nampak seperti dibawah ini.
Hasil akhir kurang lebih seperti gambar dibawah ini:
Membuat contoh desain logo produk memakai corel draw

Nah, kira kira sepert itulah kurang lebih cara membuat contoh desain logo minuman kemasan dengan corel draw atau bisa juga anda kembangkan menjadi ukuran banner Dsb.
Jika ada mekanisme dan prosedur dari tutorial diatas yang dirasa kurang bisa dipahami secara presisi mohon dimaklumi, Jika sobat ingin menanyakan atau sekedar share bisa hubungi saya melalui E- mail.
Mudah mudahan Tutorial diatas bisa sedikit bermanfaat untuk anda khususnya yang ingin belajar corel draw.

Terima kasih atas kunjungan nya

Komentar

Posting Komentar

Setelah tahap moderasi, pesan anda akan kami tayangkan. Terima kasih

Postingan Populer